Inovasi dunia kelistrikan


Inovasi KELISTRIKAN

1.Inovasi teknologi dalam mengembangkan pengunaan listrik tanpa kabel
Teknologi diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan segala aktifitas manusia dalam hal memenuhi kebutuhan dan kehendaknya, coba kita lihat disekeliling kita, berapa banyak teknologi yang telah kita manfaatkan saat ini? bahkan detik ini? banyak sekali. Dengan teknologi, sesuatu yang tidak mungkin kita pikirkan menjadi mungkin untuk diciptakan. Memang teknologi tidak akan ada habisnya dari yang lama hingga terbaru. termasuk penemuan terbaru dari peneliti Universitas Indonesia dengan konsep teknologi transfer energi listrik nirkabel (tanpa kabel ) yang sekarang ini sudah diterapkan pada pengisian baterai ponsel.

Gambar Sistem Kerja Listrik tanpa Kabel

2. PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GARAM
Mencari alternatif sumber energi merupakan suatu penelitian yang saat ini terus digagas oleh para ilmuwan. Mereka semua merasa khawatir sumber energi yang telah digunakan selama ini akan habis sehingga mereka berusaha mencari inovasi-inovasi baru yang bermanfaat. Beberapa pembangkit listrik yang telah ditemukan di antaranya adalah nuklir, udara, air, panas bumi, gravitasi bumi, magnet, serta cahaya matahari. Dan penemuan baru yang ditemukan oleh para ilmuwan berjasa tersebut adalah pembangkit listrik tenaga garam.
Dengan menggunakan baterai galvanis, air garam yang mengandung natrium klorida ini akan ter-ionisai menjadi ion positif yaitu natrium dan ion negatif yaitu klorida. Dan menjadi sumber energi yang dapat menghasilkan listrik seperti nyala lampu pada percobaan yang dilakukannya, dengan waktu yang lama.Percobaan awal yang dilakukan adalah dengan menggunakan air garam dengan volume 200 mldan hasilnya adalah sebuah lampu dapat menyala selama kurang lebih 8 jam. Namun, setelah 8 jam, baterai tersebut harus diganti dengan yang baru karena sudah tidak dapat menghasilkan listrik dalam waktu 6 bulan ke depan.
Rancangan Sederhana Pembangkit Listrik tenaga Garam

3.Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Pada saat ini perkembangan teknologi semakin menjadi jadi dalam kehidupan kita,tidak jarang perkembangan tersebut menuai dampak negative maupun positif.pada artikel saya yang pertama ini saya akan mencontohkan salah satu inovasi yang diperoleh dari perkembangan teknologi yang setiap harinya kita ketahui perkembangannya.
Adalah PLTSA atau yang kita ketahui sebagai pembangkit listrik tenaga sampah.penggunaan pltsa ini dalam memproduksi energy dapat dikatakan sangat efisien karena selain dapat mengurangi jumlah sampah,juga dapat menghemat biaya karena menggunakan sampah yg dapat dikatakan “tidak bernilai jual”sebagai bahan bakarnya. Pltsa, dapat dikatakan  sebagai "pemusnah sampah"modern yang dilengkapi peralatan kendali pembakaran serta sistem monitor emisi gas buang yang kontinyu sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

Gambar Proses sampah menjadi Energi


Nah, itulah beberapa Inovasi Dunia Kelistrikan. Demikian informasi yang saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inovasi dunia kelistrikan"